Pengertian Film Dokumenter Menurut Para Ahli


Pengertian Film Dokumenter Menurut Para Ahli-. Pada dasarnya pengertian dari sebuah film documenter itu adalah sebuah film yang mendokumentasikan kenyataan. Yang mana selain dari pengertian tersebut masih banyak lagi pengertian-pengertian lain, yang dijabarkan oleh para ahli yang bersangkutan.

film dokumenter

Berikut Topung akan menjelaskan beberapa pengertian film documenter menurut para ahli yang harus sobat ketahui.

1. Paul Rotha.
Beliau berpendapat bahwa, film dokumenter merupakan sebuah pendekatan. Pendekatan yang dimaksud adalah pendekatan terhadap documenter dalam sebuah film yang berbeda dengan film yang berbentuk cerita khayal semata.

2. Paul Wells
Menurut Paul Wells, film documenter adalah sebuah Teks Non-Fiksi yang memakai footage-footege yang actual, yang mana didalamnya berisi perekaman langsung dari peristiwa-peristiwa  yang akan disajikan. Contohnya, hasil wawancara, statistic dsb. Secara umum pada bentuk teks yang seperti ini, biasanya disajikan melalui sudut pandang tertentu dan didalam penyajiannya juga memusatkan pada sebuah topic-topik social yang menarik yang mana tujuan dari semua itu adalah semata untuk menarik perhatian dari penonton atau konsumen.

3. Steve Blandford, Barry Keith Grant dan Jim Hillier
Tokoh ini berpendapat bahwa, sebuah film documenter itu merupakan sebuah film yang menjadikan subjek utamanya adalah manusia dan peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada manusia tersebut.

4. Frank Beaver
Film documenter berarti film non fiksi. Yang mana didalam pembuatannya diambil langsung dari sebuah lokasi nyata, tidak perlu memakai seorang actor yang handal, serta yang menjadi temanya adalah seperti cerita sejarah, ilmu pengetahuan, social ataupun lingkungan. Memiliki sebuah tujuan yaitu untuk memberikan informasi, pendidikan serta pencerahan kepada seseorang yang menjadi sasaran dalam pembuatan film documenter tersebut.

5. Louis Giannetti
Film documenter merupakan film yang berurusan dengan sebuah fakta-fakta yang benar-benar terjadi. Dalam arti seorang produksi film documenter itu menciptakan filmnya apa adanya tidak ada factor rekayasa.

6. Timothy Corrigan
Seperti halnya tokoh lainnya, Timothy Corrigan berpendapat bahwa film documenter berarti film yang berbentuk non-fiksi. Yang menjadi dasar pebuatan film tersebut adalah manusia serta peristiwa yang nyata.

7. Michael Rabinger
Didalam pembuatan Sebuah film documenter harus dikerjakan dengan ikhlas atau dengan hati bukan hanya dengani sebuah fikiran atau otak saja.

8. Edmund F. Penney
Edmund F. Penney berpendapat bahwa film dokumenter merupakan salah satu jenis film yang menjadikan subjeknya adalah manusia dan lingkungannya yang nyata. Pada umumnya Pendapat ini dipakai untuk memperlihatkan aspek kenyataan yang dihasilkan dari film documenter  tesebut, yang didalamnya berisi sekumpulan gambar, narasi serta soundtrack dari kehidupan nyata tersebut pula .

9. Ira Konigsberg
Film documenter merupakan sebuah film yang memperdulikan prilaku masyarakat, suatu tempat dan suatu aktivitas. Film ini berhubungan langsung dengan kejadian kisah nyata dan bukan rekayasa.

10. David Bordwell dan Kristin Thompson 
Dari sekian banyaknya pendapat-pendapat yang telah para ahli jabarkan, menurut admin sendiri pendapat yang paling tepat dan benar adalah pendapat dari  David Bordwell dan Kristin Thompson. Yang menyatakan bahwa film documenter merupakan sebuah film yang memberikan wawasan atau informasi yang factual. Yang mana perbedaannya dengan film fiksi adalah terdapat pada pembuatannya, didalam film documenter tidak ada yang namanya cerita yang direkayasa.

11. Misbach Yusabiran
Seorang tokoh dari Indonesia yang bernama Misbach Yusabiran juga berpendapat bahwa documenter merupakan sebuah dokumentasi yang diproses dengan kreatif dengan tujuan utamanya adalah untuk mempengaruhi seorang penonton atau konsumen dari film tersebut.

Dari 11 pendapat yang diijabarkan oleh tokoh-tokoh diatas , dapat Topung simpulkan bahwa “film documenter itu adalah film yang mengisahkan sebuah cerita nyata, yang didalam pengambilannya juga dilakukan dengan atau secara nyata terjadi. Melalui subjeknya adalah manusia serta lingkungan yang benar-benar nyata dan bukan rekayasa”
Baca juga, Cara Membuat Film Dokumenter

Demikian sobat artikel mengenai Pengertian Film Dokumenter menurut para ahli yang dapat Topung jelaskan, terima kasih atas kunjungannya yah sob. semoga sukses


Related Posts:

3 Responses to " Pengertian Film Dokumenter Menurut Para Ahli"

  1. hai, saya tertarik dengan isi blog anda. tapi bolehkah saya tahu itu pendapat ahli dikutip dari mana? atau ada bukunya?
    bisa dijelaskan ini untuk kelengkapan skripsi saya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengertian Film Dokumenter Menurut Para Ahli - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Pengertian Film Dokumenter Menurut Para Ahli - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Pengertian Film Dokumenter Menurut Para Ahli - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK zK

      Delete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete