Pengertian dan Jenis-Jenis Film Dokumenter


Pengertian  dan Jenis-Jenis Film Dokumenter-, Pada kesempatan kali ini, Topung akan share kepada sobat semua artikel yang membahas mengenai Pengertian Film Dokumenter, yang mana film documenter itu sendiri merupakan salah satu jenis atau genre film dari berbagai  film yang ada. Film documenter memiliki pengertian yaitu film yang mendokumentasikan suatu kejadian yang nyata atau fakta, yang didalam proses pembuatannya tidak ada sentuhan-sentuhan fiktif atau rekayasa.

 Baca selengkapnya Pengertian Film Dokumenter Menurut Para Ahli.

Tujuan dibuatnya film yang berbentuk documenter ini adalah untuk menyajkan kembali sebuah kejadian nyata atau fakta yang pernah ada, yang dibuat lebih terstruktur dengan sebuah durasi film.
Pada awalanya istilah dari sebuah film dokumenter itu dipakai dalam sebuah film moana yang dibuat sekitar tahun 1926, yang dirilis oleh salah seorang pembuat film terkenal yang bernama Robert Flaherty. Selain itu istilah lain dari film documenter dipakai juga guna untuk menggabarkan semua film yang berbentuk non-fiksi atau film yang berbentuk nyata dan bukan rekayasa.

Pengertian Film Dokumenter dan Jenis-Jenisnya


film dokumenter
Film documenter adalah sebuah film yang dihasilkan dari sebuah rekaman langsung kejadia nyata yang sedang belangsung. Film ini tidak terlalu monjolkan kesan hiburan, yang mana hal yang terpenting dalam pembuatan film ini adalah pesan yang berhasil disampaikan kepada penonton, melalui cerita nyata yang diangkatnya.

Terdapat beberapa jenis film documenter. Diantaranya yaitu:

1. Biografi

Pada jenis film documenter ini, biasanya berisi tentang cerita perjalanan dari seorang tokoh terkenal dunia. Contohnya bisa admin ambil, kisah dari perjalanan seorang presiden sampai ia menjadi presiden.

1. Sejarah

Bercerita tentang suatu kejadian atau peristiwa yang berbentuk sejarah, sejarah dapat berupa peperangan, kehidupan masa lalu dan lain-lain.

2. Traveling

Film documenter pada jenis ini, pada dasarnya berisi tentang laporan perjalanan seorang wisatawan yang ingin memperkenalkan tempat-tempat tertentu.

3. Ilmu Pengetahuan

Pada film documenter jenis ini. berisi mengenai rekaman yang berupa pendidikan serta edukasi yang berbentuk ilmu pengetahuan yang mana tujuan utamanya adalah supaya dapat membuat penonton bertambah wawasan dan ilmu tentang pendidikan yang ada.


4. Investigasi

Tujuan dari pembuatan film documenter jenis ini, adalah untuk menyelidiki atau mengetahui lebih dalam mengenai sesuatu hal atau kasus yang sedang terjadi.

Kesimpulan “film documenter merupakan film yang berisi rekaman dari kejadian nyata tanpa adanya unsur fiksi atau rekayasa sehingga film jenis ini menggambarkan kejadian yang benar-benar nyata. Terdapat 5 jenis bentuk film documenter yaitu: Biografi, traveling, investigasi, sejarah dan ilmu pengetahuan”


Related Posts:

3 Responses to "Pengertian dan Jenis-Jenis Film Dokumenter"

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Pengertian Dan Jenis-Jenis Film Dokumenter - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Dan Jenis-Jenis Film Dokumenter - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Dan Jenis-Jenis Film Dokumenter - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete