Cara Ampuh Menghilangkan Virus Pada Komputer

Cara Menghilangkan Virus DiKomputer-, Pada setiap computer yang terhubung ke internet, tidak akan menutup kemungkinan untuk computer tersebut terinveksi dengan yang namanya virus.

Pengertian dari virus sendiri adalah merupakan sebuah malware yang apabila sudah berada pada perangkat computer atau gadget, maka bisa membuat system computer atau gadget tersebut rusak.
Secara umum terdapat beberapa tanda yang dapat sobat ketahui apabila computer sobat sedang terkena virus. Diantaranya:
  1. Kerja computer menjadi lambat atau lemot.
  2. Computer sering mati dengan sendirinya.
  3. Ketika proses startup windows, prosesnya terasa sangat lama.
  4. Beberapa file yang biasanya bisa dibuka, menjadi tidak bisa dibuka.
  5. Koneksi internet tidak bisa digunakan.
Apabila dengan adanya tanda-tanda diatas, computer sobat mengalaminya. Maka wajib buat sobat untuk khawatir, dan segera mencari solusi untuk permasalah virus tersebut.
Asal sobat tahu, Virus bisa datang dari mana dan kapan saja, ketika sobat sedang menggunakan internet, install-instal software, pasang cabut flashdisk sembarangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tetapi setelah sobat membaca dan menyimak isi dari artikel yang topung telah sediakan ini, maka hilangkan kekhawatiran hati sobat. Karena disini topung akan memberikan bagaimana caranya menghilangkan yang namanya Virus dari computer sobat, dengan mudah dan cepat.

Berikut caranya sob, simak dengan baik ya:

1. Gunakan Sowtware Anti Virus.

Sekarang sudah banyak ya sob, software-software yang dibuat khusus untuk menghilangkan yang namanya virus. Sobat dapat menggunakan software anti virus tersebut apabila computer sobat terkena virus. Software yang dapat digunakan untuk menghilangkan virus, diantaranya:

  • Avira
  • Smadav
  • Avash
  • Dan lain-lain.


2. Gunakan Command Prompt

Commanf Promt juga dapat digunakan untuk menghilangkan virus di computer lo sob, caranya dengan:

  • Membuka Command Promt, klik star pada keyboard lalu ketik CMD.
  • Apabila sobat curiga adanya virus pada Drive D, maka sobat dapat mengetikkan pada Command Promt yaitu, dir D: attrib -s -h /s /d . lalu “enter”.
  • Kemudian apabila sobat telah melakukan cara diatas dengan baik dan benar, maka Mommand Promt akan mengeksplorasi drive D tersebut dan memuat semua file yang ada didalamnya.
  • Lalu, cari dan pilih file yang sekirangnya file tersebut tidak pernah sobat install, kemudian delete file tersebut dengan menggunakan Commad promt.
  • Apabila file tidak dapat di delete, maka sobat dapat mencari sendiri file tersebut di Run, kemudian delete file tersebut.


3. Nonaktifkan Layanan Mencurigakan Melalui Task Manager.

Kemudian langkah selanjutnya yang dapat sobat lakukan untuk menghilangkan virus di computer adalah dengan menonaktifkan layanan mencurigakan melalui task manager. Mau tahu bagaimana caranya? Silahkan simak.

  • Silahkan sobat buka yang namanya Task Manager dengan cara menekan CTRL + Shift + Esc. Kemudian lihat dan periksalah, apakah terdapati layanan yang mencurigakan pada Task Manager tersebut,? Apabila iya terdapati, sobat bisa langsung mematikan layanan tersebut.
  • Lalu jalankan MSConfig.
  • Setelah sebat telah berhasil memasuki area Sistem Configuration (MSConfig) maka silahkan sobat untuk masuk ke Opsi Service. Lalu selanjutnya sobat harus mendelete semua kolom centang yang sekiranya mencurigakan buat sobat.
  • Kemudian setelah itu, sobat masuk ke startup, disini sobat akan melihat yang mana file yang sekiranya benar-benar mencurigakan buat sobat. Tandai file yang mencurigakan tersebut.
  • Lalu langkah terakhir, silahkan sobat untuk membuka Command Prompt, dan cari file yang mencurigakan tersebut. Hapus file dengan menggunakan CMD, cara ini akan sama dengan cara yang telah Topung berikan ke 2.

Oky demikian sobat cara menghilangkan virus dikomputer yang dapat Topung berikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat dalam upaya menghilangkan virus yang menghantui para pengguna computer, seperti kita ini. Semoga sukses dan Topung ucapkan  beribu-ribu terima kasih atas kunjungannya.


Related Posts:

0 Response to "Cara Ampuh Menghilangkan Virus Pada Komputer"

Post a Comment