Pada zaman dahulu ketika Negara sedang tumbuh, promosi mungkin tidak terlalu penting karena masyarakat memang mencari dan membutuhkan suatu barang. Seiring dengan perkembangan ekonomi dan munculnya pesaing-pesaing di pasar, seorang wirausaha harus memikirkan strategi promosi dan penjualan agar bisnisnya tetap berjalan dengan baik.
Seorang wirausaha yang melakukan kegiatan promosinya dengan cara melalui tenaga penjual, wiraiaga, dan SPG (Sales Promotion Girls), namun tidak sedikit juga yang menggunakan promosi melalui media cetak dan elektonik seperti iklan, Koran, brosur, leaflet, iklan televise, iklan radio, dan situs web. Bahkan saat ini banyak orang yang menggunakan situs jejaring pertemana seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain.
Promosi adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan guna mengkomunikasikan, memperkenalkan serta mempopulerkan kepada pasar sasaranya. untuk itu sering kali promosi dikatakan sebagai Seni Jual Beli yang harus dan wajib sobat pelajari.
Terdapat 6 kegiatan dan rencana yang bisa dilakukan untuk mengkomunikasikan suatu produk dan merk usaha, yaitu sebagai berikut.
1. Penjualan Personal (Personal Selling)
Penjualan Personal adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media individu. System komunikasi antara perusahaan dengan konsumen dilakukan oleh tenaga penjual atau wiraniaga.
Para wiraniaga ini dalam membangun komunikasi akan melakukan hal-hal sebagai berikut.
- Menginformasikan produk.
- Mengenalkan manfaat produk.
- Mendidik calon pelanggan sehingga mengetahui, mengenal, dan mengerti cara serta fungsi produk yang ditawarkan.
- Melakukan pendekatan persuasive kepada calon pelanggan agar membeli produk.
- Meyakinkan dan mebuat calon pelanggan percaya akan keunggulan produk yang ditawarkan.
Setiap komunikasi denga cara penjualan personal banyak digunakan untuk produk-produk jasa, distribusi, pedagangan dan lain-lain. Penjualan personal juga dilakukan bila anggaran promosi tidak terlalu besar.
2. Iklan (Advertising)
Komunikasi produk melalui iklan membutuhkan media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan. Melalui system komunikasi ini, diharapkan calon pelanggan dapat melihat, mendengar, membaca, mengenal dan akhirnya tertarik pada produk yang diiklankan disebuah media, seperti billboard, spanduk, banner, internet, radio atau televise.
Iklan mempunyai fungsi, fungsi-fungsi iklan antaranya:
- Iklan untuk meningkatkan citra perusahaan (iklan institusional).
- Iklan untuk pemantapan merek (iklan produk).
- Iklan untuk memberi informasi tentang penjualan produk barang atau jasa dan juga sebagai informasi suatu kejadian yang terjadi di perusahaan.
- Iklan untuk melakukan anjuran kepaa konsumen (iklan anjuran).
Beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan iklan adalah sebagai berikut.
- Tujuan iklan untuk informasi, persuasi, atau sekedar pengingat.
- Membuat dan memutuskan jumlah anggaran yang diperlukan.
- Menentukan isi pesan iklan.
- Mencari dan memutuskan media iklan.
- Mengevaluasi program iklan yang telah dilakukan, baik dari segi komunikasi maupun pengaruh penjualannya.
3. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi digunakan untuk memasarkan dan mengkomunikasikan pesan produk sobat kepada konsumen. Promosi penjualan terdiri dari beragam alat promosi yang dirancang untuk mengetahui kecepatan dan kekuatan rangsangan dan respon pasar terhadap produk.
Ada beberapa jenis promosi penjualan, antara lain:
Ada beberapa jenis promosi penjualan, antara lain:
- Promosi pada konsumen menggunakan alat-alat promosi, seperti contoh sempek produk, penawaran uang kembali, potongan harga atau diskon, hadiah, potongan harga khusus, kontes, stiker, atau peragaan yang menarik.
- Promosi dagang, antara lain jaminan pembelian, hadiah barang, komisi dagang, iklan kerja sama, dan kontes penjualan penyalur.
- Promosi wiraniaga, sperti bonus, insentif, tur, keluarga, dan bonus tiba-tiba (black bonus)
- Promosi penjualan tidak hanya ditujukan untuk konsumen, tetapi juga untuk distributor, padagang besar (wholesaler), agen, pengecer, dan broker.
- Publikasi, Publikasi mencangkup pengaturan komunikasi massa diluar iklan dan promosi penjualan. Publikasi terdapat secara editorial disemua media yang dibaca, dilihat atau didengar oleh konsumen. Biasanya publikasi bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak bersifat manual.
5. Sponsorship
Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat. Biasanya sponsorship dilakukan pada:
- Seminar yang berhubungan erat dengan manfaat produk.
- Acara bincang-bincang diradio, televise atau lainnya.
- Acara kegiatan pemerintah.
- Acara peluncuran produk baru perusahaan lain.
- Kegiatan social seperti sumbangan, donor darah, dan bantuan bencana.
6. Komunikasi Di Tempat Konsumen Yang Akan Membeli (Point Of Purchase)
Komunikasi dengan system ini bertujuan untuk mempengaruhi seseorang pada saat orang tersebut akan mengambil keputusan untuk mmbeli sebuah produk.
Demikian sobat artikel mengenai promosi yang dapat admin jelaskan.baca juga, Menetapkan harga dalam Jual beli Semoga bermanfaat….
Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
ReplyDeleteKelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
Ini cuma 5
ReplyDeletePengertian Promosi Serta Cara Terbaik Untuk Melakukannya - Versi Perusahaan Besar - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Pengertian Promosi Serta Cara Terbaik Untuk Melakukannya - Versi Perusahaan Besar - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Pengertian Promosi Serta Cara Terbaik Untuk Melakukannya - Versi Perusahaan Besar - Lingkaran Pendidikan >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK